Headlines News :
Home » » Tutorial Antena Penguat Sinyal Modem GSM/CDMA

Tutorial Antena Penguat Sinyal Modem GSM/CDMA

Written By Lemoters on Jumat, 14 Oktober 2011 | 17.24

kali ini saya memberikan tutorial tentang antena penguat sinyal modem gsm ataupun cdma. Ini cocok untuk teman-teman yang tinggal jauh dari perkotaan (khususnya jauh dari BTS/pemancar sinyal). Ide ini muncul ketika ada salah satu member icalcell namanya Abhiet yang memperlihatkan tentang pembuatan Pigtail. Nah kali ini saya akan membuatnya lebih mudah dengan bahan-bahan yang lebih gampang didapatkan.

Bahan yang mutlak harus adalah antena penguat sinyal HP, untuk ini ada beberapa macam ukuran , ukuran kecil harganya mulai dari 75ribu - 90ribu, yang ukuran besar seperti yang saya pakai harganya 150ribu. Gambar antena penguat sinyal HP, bisa dilihat dibawah ini.
Antena Penguat Sinyal HP

Sebenarnya dengan antena diatas, bisa langsung dipakai untuk modem juga, cara pakainya hampir sama dengan HP, yaitu dengan menempel ujung antena ke tubuh modem, tapi cara ini kurang efektif dalam hal penangkapan sinyal yang bagus, karena desain hp dan modem sangatlah berbeda.

Dari sini, saya mencoba membongkar modem gsm, ternyata memang ada colokan khusus untuk antena luar, tinggal colokan yang pas aja tidak ada, jadi disini kita akan merombak antena penguat sinyal HP menjadi antena penguat sinyal modem. Begitulah kira-kira alur ceritanya.

Berikut ini bahan sekaligus langkah pembuatannya.
  1. Dibawah ini adalah ujung default dari sebuah antena penguat sinyal HP, dicopot saja.
    Ujung Antena Penguat SInyal HP
  2. Bahan yang diperlukan seperti gambar dibawah ini.
    • kabel hilangkan isinya dan pipet
    • kabel power harddisk, bisa didapatkan di power supply pc
    • Bahan Antena Penguat Modem
  3. Sekarang kupas kabel antena (coaxial), sehingga menampakkan ujung tembaga sekitar 2-2,5 cm.
  4. Masukkan pembungkus kabel ke tembaga, sisakan ujung luar sedikit , untuk colokan ke modem nanti, didalam dibungkus agar tidak terjadi korslet dengan serabut (ground).
    Antena Penguat Sinyal Modem
  5. Masukkan tembaga yang sudah dibungkus ke lubang socket power harddisk , usahakan tembaga keluar lubah socket kira-kira 0,5 cm, sedang kabel dari socket hubungkan ke serabut kabel antena. perhatikan gambar dibawah ini.
    Antena Penguat SInyal Modem
  6. Setelah itu coba tancapkan ke slot modem yang tersedia, kalau sudah pas, lepas lagi, dan buatlah lubang pada tubuh modem tepat di slot itu, agar modem bisa ditutup rapat dan rapi, perhatikan gambar dibawah ini.
    Antena Penguat SInyal Modem
Sinyal yang didapatkan dari praktek diatas.
Sinyal Modem Setelah Dikuatkan

Ket: Dalam praktek diatas saya gunakan modem vodafone k3520 , socket power harddisk sangat pas dengan colokan antena luar modem, mungkin berbeda untuk setiap tipe modem.

Untuk sinyal atau dBm saya tidak terlalu permasalahkan, yang terpenting koneksi internet-nya lancar dan sinyal full terus. Selamat mencoba brader, semoga berhasil dan selamat berkreasi sendiri untuk mendapatkan sinyal yang maksimal, sehingga koneksi internet tidak tersendat-sendat.

ICALCELL
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. e-MoHolic - All Rights Reserved